Monday, July 24, 2017

3 Hal Berbahaya Jika Kuku Kaki Menghitam (Bisa Jadi Perdarahan)



Kuku jari kaki biasanya menjadi bagian tubuh yang luput dari perhatian karena letaknya di bawah dan kecil. Jika Anda melihat kuku kaki menghitam, jangan diabaikan. Memang ada berbagai penyebab, dari mulai hanya sekadar kotor atau infeksi jamur. Namun, kuku kaki menghitam juga bisa menjadi tanda bahwa ada yang salah dengan tubuh Anda. Ada beberapa hal berbahaya yang bisa membuat kaki menghitam selain karena kuku kaki Anda kotor, lho.


Penyebab kuku kaki menghitam yang berbahaya


1. Hematoma subungual


Perubahan warna kuku kaki menghitam menunjukkan terjadi perdarahan di bawah kuku. Kondisi ini secara medis disebut hematoma subungual. Biasanya menyertai kuku yang mengalami cedera, baik karena terbentur, terjepit, terinjak, ataupun menggunakan sepatu yang terlalu sempit.


Penumpukan darah di bawah kuku menyebabkan terpisahnya jaringan dasar kuku dengan kuku itu sendiri. Akibatnya, tidak jarang kondisi ini diikuti dengan pelepasan kuku secara spontan. Pertumbuhan kuku baru akan terjadi setelah pelepasan tersebut dan membutuhkan waktu 3-6 bulan hingga kembali seperti semula (kuku kaki kemungkinan membutuhkan waktu lebih lama).


Bila hematoma subungual tidak disertai dengan perdarahan aktif, maka tidak diperlukan penanganan khusus. Untuk mengurangi nyeri, Anda bisa mengompres kuku yang menghitam dengan handuk dingin atau es. Konsumsi obat analgetik seperti paracetamol juga bisa membantu mengurangi keluhan nyeri. Namun, bila disertai dengan perdarahan aktif (terdapat robekan jaringan dasar kuku), maka dibutuhkan penanganan khusus oleh dokter, misalnya mengeluarkan darah melalui drainase hingga pencabutan kuku.


2. Infeksi jamur (onikomikosis)


Penyakit kuku ini ditandai dengan perubahan warna kuku kaki yang semakin memburuk dari waktu ke waktu, sehingga mengakibatkan kuku kaki menghitam atau menjadi kusam dan terlihat buruk. Kondisi ini sebenarnya terjadi karena infeksi jamur di bawah permukaan kuku. Infeksi ini membuat kuku kaki menghitam menjadi berwarna lebih gelap dan berbau tidak sedap. Kondisi ini jika dibiarkan sebenarnya dapat menjalar ke kulit hingga jari.


Meski demikian, banyak pengidap yang membiarkan kondisi ini karena mulanya tidak menimbulkan rasa sakit selama bertahun-tahun. Padahal penyakit kuku ini dapat menyebabkan kuku menjadi menebal sehingga sulit untuk dipotong, dan menyebabkan kaki sakit saat mengenakan sepatu. Pada beberapa kasus ketika infeksi sudah mencapai jari tangan atau kaki, penderita menjadi kesulitan bekerja dan berjalan.


Onikomikosis dapat ‘menghinggapi’ manusia pada tempat-tempat di mana orang sering berjalan tanpa alas kaki seperti kolam renang dan kamar mandi, terutama saat sedang ada luka pada kuku. Pengidap penyakit tertentu seperti diabetes, gangguan kekebalan tubuh, dan penyakit pembuluh darah juga lebih berisiko terhadap penyakit kuku ini.


3. Melanoma subungual atau kanker kulit


Kanker kulit melanoma adalah jenis kanker yang berkembang pada melanosit, sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin. Melanin inilah yang berfungsi menyerap sinar ultraviolet dan melindungi kulit dari kerusakan. Melanoma adalah jenis kanker kulit yang jarang dan sangat berbahaya. Kondisi ini dimulai dari kulit manusia dan bisa menyebar ke organ lain dalam tubuh.


Kanker kulit pada kuku kaki secara medis disebut dengan melanoma subungual.  Melanoma subungual ini merupakan bentuk langka dari penyakit melanoma yang terjadi di bawah kuku dan dapat memengaruhi tangan dan kaki. Tanda pertama dari melanoma subungual adalah terjadi perubahan warna pada area kuku, tanda yang paling bisa dilihat adalah kaki kaki menghitam atau berubah warna menjadi cokelat.


Namun, banyak orang salah menilai hal ini. Orang mengira bagian kukunya mengalami memar biasa. Orang yang memiliki pigmen kulit gelap atau bahkan hitam lebih rentan mengalami melanoma jenis ini.


Baca Juga:



Source link


قالب وردپرس


3 Hal Berbahaya Jika Kuku Kaki Menghitam (Bisa Jadi Perdarahan)
4/ 5
Oleh