Monday, July 24, 2017

Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui



Apakah Anda salah satu orang yang gemar minum teh? Bagi masyarakat Indonesia, minum teh saat pagi ataupun sore hari adalah sebuah kebiasaan. Jadi tidak heran jika berbagai jenis teh, termasuk teh hitam adalah jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi setelah air putih. 


Sekilas teh hitam memang nampak kurang populer apabila dibandingkan dengan teh hijau atau teh melati. Meski begitu, teh hitam memiliki manfaat kesehatan yang tidak kalah banyak dari kedua jenis teh tersebut loh. Penasaran apa saja manfaat teh hitam untuk kesehatan? Simak selengkapnya dalam artikel ini.


Proses pembuatan teh hitam


Pada dasarnya semua jenis teh, termasuk teh hitam berasal dari daun camellia sinensis. Hanya saja, cara memanen dan pengolahannya yang berbeda. Untuk menghasilkan teh hitam dibutuhkan proses yang disebut oksidasi sempurna agar mengubah daun camellia sinensis dari berwarna hijau menjadi warna hitam kecoklatan.


Oksidasi merupakan suatu proses pengeringan di mana daun dikeringkan sampai kelembapan di dalamnya benar-benar terangkat. Karena telah sepenuhnya teroksidasi, itu sebabnya, teh hitam berbeda dengan teh jenis lainnya. Selain memiliki warna yang lebih pekat teh ini juga memiliki rasa yang lebih khas dibandingkan dengan jenis teh lainnya.


Manfaat teh hitam untuk kesehatan


Berikut ini manfaat teh hitam untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui:


1. Bikin Anda lebih awas dan berenergi


Banyak orang minum teh hitam agar lebih awas dan menambah energi. Hal ini dikarenakan teh hitam mengandung kafein. Selain itu, teh hitam juga mengandung sedikit zat stimulasi yang disebut teofilin. Nah, kedua kandungan tersebut bisa mempercepat detak jantung Anda dan membuat Anda merasa lebih awas.


2. Mencegah kanker


Para peneliti berpendapat bahwa antioksidan tertentu dalam teh, termasuk polifenol dan katekin, dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker. Sebagai contoh, beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang rutin minum teh hitam memiliki risiko kanker ovarium yang jauh lebih rendah daripada wanita yang tidak minum teh hitam. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat yang satu ini.


3. Menurunkan risiko serangan jantung


Minum teh hitam, menurut penelitian, dapat mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular dan serangan jantung. Karena kandungan antioksidan yang hadir di dalamnya dapat mencegah kolesterol jahat, sehingga tidak menyumbat aliran darah ke arteri.


4. Melancarkan pencernaan


Kandungan tannin dalam teh hitam bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan, terutama memerangi segala macam penyakit usus dan lambung. Selain itu, minum teh hitam juga mampu menurunkan risiko peradangan usus dan pembentukan batu ginjal.


5. Melawan radikal bebas


Teh hitam mungkin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan polifenol sebagai antioksidan yang dapat membantu sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Pasalnya radikal bebas dapat menyebabkan gumpalan darah, sel kanker dan aterosklerosis. Nah, mengkonsumsi teh hitam setiap hari dapat menghapus radikal bebas, serta melindungi diri dari penyakit yang disebabkan oleh patogen.


Selain punya banyak manfaat, teh hitam juga memiliki sejumlah efek samping


Secara umum teh hitam memang aman untuk dikonsumsi. Namun, konsumsi teh hitam dalam jumlah yang banyak, yang mana lebih dari 4 – 5 cangkir perhari bisa berisiko mengganggu kesehatan karena kandungan kafein di dalamnya.


Beberapa gangguan kesehatan yang umum dialami karena efek kafein dari teh hitam di antaranya:



  • Sulit tidur

  • Gelisah

  • Sakit kepala

  • Sering buang air kecil

  • Jantung berdebar-debar

  • Mual

  • Muntah

  • Bernapas dengan cepat


Jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus atau sedang mengonsumsi obat-obatan, konsultasikan dengan dokter mengenai asupan teh hitam untuk menghindari kondisi yang lebih buruk.


Baca Juga:



Source link


قالب وردپرس


Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui
4/ 5
Oleh