Wednesday, July 26, 2017

Minum Pil KB Sebelum Hamil, Apakah Membahayakan Janin?



Salah satu metode kontrasepsi yang ampuh mencegah kehamilan adalah pil KB. Namun, banyak orang masih ragu-ragu menggunakan pil KB. Ini karena ada berbagai isu yang beredar soal bahaya pil KB buat bayi yang akan dikandung kelak lahir cacat. Benarkah minum pil KB sebelum hamil bisa membahayakan bayi kalau nanti Anda memutuskan untuk hamil? Atau jangan-jangan isu ini sebenarnya mitos belaka? Cari tahu jawaban lengkapnya di bawah ini, yuk!


Minum pil KB sebelum hamil tidak meningkatkan risiko bayi lahir cacat


Jangan khawatir, minum pil KB sebelum hamil tidak akan meningkatkan risiko bayi Anda cacat. Pil KB yang beredar di pasaran saat ini telah melalui serangkaian uji klinis dan terbukti aman. Baik bagi calon ibu hamil dan bakal bayinya.


Bahkan, sebuah penelitian terhadap hampir satu juta orang di Denmark berhasil membuktikan kalau risiko bayi lahir cacat tidak dipengaruhi oleh konsumsi pil KB sebelum hamil.


Penelitian dalam British Medical Journal (BMJ) yang berlangsung selama empat belas tahun ini mencatat jejak rekam medis para calon ibu sampai ketika anaknya lahir dan berusia satu tahun. Hasilnya, tidak ada kaitan antara kecacatan pada bayi dan konsumsi pil KB oleh ibu sebelum hamil.


Dari mana asalnya isu pil KB menyebabkan kecatatan?


Sebenarnya isu bahwa pil KB bisa meningkatkan risiko bayi lahir cacat pertama kali muncul kira-kira sejak 30 tahun yang lalu. Padahal, sampai sekarang belum ada bukti medis bahwa minum pil KB sebelum hamil memang bisa meningkatkan risiko kecacatan pada bayi.


Beberapa dekade yang lalu, orang-orang percaya bahwa pil KB yang mengandung dua hormon sintetis yaitu estrogen dan progestin bisa membahayakan perkembangan jantung bayi. Bahaya ini dipercaya akan tetap mengintai hingga tiga bulan setelah Anda berhenti minum pil KB dan mengusahakan keturunan. Masalahnya, tak ada penelitian valid yang bisa membuktikan bagaimana hormon-hormon tersebut menyebabkan kecacatan.


Kecacatan pada bayi sendiri sampai saat ini tidak semudah itu diketahui penyebabnya. Ada begitu banyak faktor yang bisa memengaruhi perkembangan janin dalam kandungan. Dalam satu kasus kecacatan pada bayi pun penyebabnya bisa bermacam-macam.


Jadi, kalau Anda sedang memilih metode kontrasepsi yang paling baik buat Anda, jangan ragu untuk pakai pil KB.


Bagaimana kalau terlanjur minum pil KB saat hamil muda?


Anda mungkin tidak sadar kalau sudah hamil dan masih minum pil KB pada trimester pertama. Atau Anda memang baru mulai minum pil KB padahal sudah hamil. Apapun alasannya, seorang spesialis kandungan dari Mayo Clinic, dr. Yvonne Butler Tobah mengatakan bahwa Anda tidak perlu cemas.


Kalau pembuahan sudah terjadi dan janin telah terbentuk, pil KB tidak akan menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi. Dalam beberapa kasus, memang ada risiko Anda mengalami kehamilan ektopik (hamil anggur) bila Anda minum pil KB dengan kandungan progestin saja. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mempelajari kaitan keduanya.


Jadi, kalau Anda curiga Anda hamil padahal sudah minum pil KB, Anda bisa langsung melakukan tes kehamilan di rumah. Bila hasilnya positif (hamil), hentikan konsumsi pil KB. Meskipun sebenarnya minum pil KB saat hamil muda relatif aman bagi Anda dan bayi, tak ada salahnya untuk konsultasi lebih jauh dengan dokter kandungan Anda.


Baca Juga:



Source link


قالب وردپرس


Minum Pil KB Sebelum Hamil, Apakah Membahayakan Janin?
4/ 5
Oleh