Wednesday, July 26, 2017

Parah Tapi Kocak! Hanya Di Indonesia Pemetik Edelweiss Di Rinjani Akan Jadi Duta Pelestarian Edelweiss,...


Beberapa minggu yang lalu para warganet cukup geram dengan beredarnya foto-foto pendaki norak yang dengan seenaknya memetik edelweiss. Edelweiss tersebut adalah tumbuhan yang hanya bisa tumbuh di ketinggian tertentu dan tidak boleh dipetik itu justru jadi ajang selfie pendaki-pendaki tersebut.


bunga-edelweiss-750x430


Dengan beredarnya foto-foto tersebut warganet pun kesal dengan perilaku mereka yang merusak alam dan memanggil mereka dengan panggilan ‘pendaki ndeso!’


Dan hal yang lebih parahnya lagi, bukannya mendapat hukuman, pendaki-pendaki ini justru mendapatkan kehormatan menjadi duta pelestarian edelweiss.



Hal ini tentu saja seolah mengingatkan kembali pada kejadian beberapa waktu lalu yang terjadi padaa artis Zaskia Gotik, yang dulu menghina Pancasila dan akhirnya menjadi duta Pancasila. Kini kejadian yang sama juga terjadi pada pemetik edelweiss yang merusak alam namun jadi duta pelestarian.


Dilansir oleh Hipwee, sebenarnya mereka telah mendapatkan hukuman dari pihak Taman Nasional Gunung Rinjani. Lima orang ini dilarang mendaki ke Rinjani lagi.


miris tapi kocak! hanya di indonesia pemetik edelweiss di rinjani akan jadi duta pelestarian edelweiss-  - Miris Tapi Kocak! Hanya di Indonesia Pemetik Edelweiss di Rinjani Akan Jadi Duta Pelestarian Edelweiss -
pemetik edelweiss yang jadi duta edelweiss

Oleh karena perilaku mereka tersebut, pihak Taman Nasional Gunung Rinjani memberikan daftar hitam kepada mereka sehingga mereka dilarang untuk mendaki Gunung Rinjani. Untuk waktunya sampai kapan tidak ada keterangan resmi dalam surat larangan pendakian tersebut. Meskipun terlampau ringan, namun sanksi tersebut dianggap bisa jadi peringatan untuk pendaki lain agar tidak melakukan hal yang sama di Rinjani.


Uniknya, alih-alih mendapat hukuman pidana, mereka justru akan diundang menjadi duta pelestarian edelweiss.


Pihak Taman Nasional Gunung Rinjani yang diketuai oleh Agus Budi Santosa, telah mengatakan akan menjadikan pelaku sebagai duta pelestarian edelweiss. Memang ssangat sulit untuk dimengerti atas keputusan tersebut.


Namun, Agus menjelaskan upaya menjadikan mereka duta pelestarian edelweiss dianggap lebih efektif daripada hukum pidana. Mereka akan diminta untuk kampanye tentang teknologi pelestarian edelweiss. []


Sumber : inspiradata



loading…


Source link


قالب وردپرس


Parah Tapi Kocak! Hanya Di Indonesia Pemetik Edelweiss Di Rinjani Akan Jadi Duta Pelestarian Edelweiss,...
4/ 5
Oleh