Wednesday, July 26, 2017

Penyakit Pria Usia 20 yang Harus Anda Waspadai



Ted Perly, seorang dokter di University of Washington Medical School menyatakan, ada segelintir penyakit pria usia 20-an yang bisa memicu kondisi kesehatan yang serius. Merokok, minum-minuman beralkohol, pola hidup dan makanan yang tidak sehat menjadi faktor utama yang menghantui risiko penyakit mematikan untuk pria di usia muda. Apa saja penyakit yang menjadi isu kesehatan pada pria usia 20-an ini? Simak penjelasannya di bawah ini.


Beberapa kondisi kesehatan dan penyakit pria usia 20-an


1. Kanker paru-paru


Kebiasaan merokok yang sering dilakukan pria di usia muda, bisa berakhir pada risiko bahaya kanker paru-paru. Kanker paru-paru adalah penyakit yang dapat menyebar ke organ-organ tubuh yang lain bila sudah stadium lanjut. Anda bisa melakukan pemeriksaan melakukan CT scan guna mendeteksi gejala dini, meski pemeriksaan tersebut cukup mahal. Sayangnya kanker paru-paru berkembang pesat dan cukup sulit disembuhkan.


2. Obesitas yang berujung pada sakit ginjal


Sebuah studi di Inggris mengatakan kalau penyakit pria usia 20 yang paling sering terjadi adalah obesitas. Uji tersebut meneliti para peserta yang mengalami kegemukan hingga obesitas di usia muda, dan hasilnya mereka memiliki risiko penyakit ginjal kronis lebih tinggi pada usia 60 hingga 64 tahun.


Risiko tersebut berlaku jika dibandingkan dengan mereka yang tidak obesitas di usia muda maupun di usia tua. Menurut studi yang dipublikasi dalam Journal of the American Society of Nephrology ini, anak muda yang memiliki ukuran lingkar pinggang dan pinggul yang lebih besar di usia 20-an juga berisiko obesitas dan mengalami sakit ginjal kronis di hari tuanya.


3. Penyakit kelamin


HPV (human pappiloma virus) yang merupakan virus penyebab kutil kelamin bisa menyerang pria usia 20. Hal ini bisa saja terjadi jika Anda kerap bergonta-ganti pasangan. Selain HPV, pria juga harus mewaspadai penyakit menular seksual seperti herpes dan klamidia yang dua kali lipat berisiko terkena. Untuk mencegahnya, gunakan kondom saat berhubungan seks, dan setia pada satu pasangan hubungan seksual


4. Kanker kulit


Siapa sangka kalau kanker kulit bisa menjadi penyakit pria usia 20? Ya, kanker kulit awal yang juga disebut keratosis aktinik ini sering ditemukan pada pria yang hobi tanning (menggelapkan kulit) di salon atau klinik. Gejala awal kanker kulit ini biasanya berupa benjolan kecil bersisik yang muncul berkelompok, dan timbul di bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari. Jika Anda menemukan gejala kanker kulit, segeralah berkonsultasi ke dokter mengingat kanker kulit adalah salah satu penyakit mematikan.


5. Diabetes


Diabetes tidak hanya diderita pada orang lanjut usia saja. Nyatanya, CDC melaporkan kalau pria berusia 20 sampai 30 tahun yang memiliki lingkar pinggang lebih dari 102 cm berisiko terkena diabetes tipe 2. Ini akan berisiko lebih tinggi apabila Anda pria lajang dan hidup sendiri. Pola hidup serta asupan makanan yang kurang sehat setiap hari bisa menimbulkan kenaikan berat badan dan membawa Anda ke diagnosis diabetes di usia muda.


6. Depresi hingga bunuh diri


Menurut Departemen Layanan Kesehatan di Amerika, bunuh diri akibat depresi meningkat terjadi di antara pria berusia 20-an. Meskipun sulit menemukan penyebab gangguan depresi yang berujung maut ini, namun Jean Twenge, profesor dari San Diego University berpendapat kalau penggunaan teknologi secara berlebihan menjadi penyebab sementara.


Sedangkan tekanan dunia kerja dan pergaulan pun juga bisa membawa seseorang ke dalam depresi. Twenge pun menyarankan, bagi para pria muda untuk menyeimbangangkan kehidupan pekerjaan, olahraga, menjaga hubungan sosial dengan keluarga dan teman, serta berlibur guna mencegah timbulnya gejala depresi.


Baca Juga:



Source link


قالب وردپرس


Penyakit Pria Usia 20 yang Harus Anda Waspadai
4/ 5
Oleh