Wednesday, July 26, 2017

Pola Diet Sehat Bagi Tiap Orang Berbeda-beda Tergantung Gen


Sejak kecil, Anda mungkin hanya akrab dengan pola diet sehat yang disebut empat sehat lima sempurna. Padahal, tahukah Anda bahwa ternyata setiap orang itu kebutuhan gizinya beda-beda? Kebutuhan gizi dan pola makan tersebut dipengaruhi oleh gen Anda. Karena itulah setiap orang sebenarnya membutuhkan pola diet sehat khusus yang paling cocok dengan gen dalam tubuhnya. Lebih jelas soal gen dan pola makan Anda, simak ulasan berikut ini.


Evolusi manusia menentukan pola diet setiap orang


Para ahli dari Cornell University di Amerika Serikat menguak bahwa susunan gen dalam tubuh sangat berpengaruh pada sistem pencernaan Anda. Susunan gen manusia sendiri selalu berubah-ubah (bermutasi) mengikuti evolusi, perkembangan zaman, dan perubahan gaya hidup masyarakat.


Kira-kira 10.000 tahun yang lalu, misalnya, manusia lebih banyak makan daging daripada tumbuh-tumbuhan. Ini karena zaman prasejarah dulu sistem pertanian belum ditemukan. Nah, sejak sistem pertanian dikembangkan 8.000 tahun silam, manusia pun jadi lebih banyak makan tumbuh-tumbuhan.


Karena perubahan pola makan tersebut, susunan gen dalam tubuh manusia pun bermutasi. Mutasi gen ini menyebabkan sel-sel dalam tubuh untuk memproduksi lebih banyak enzim khusus yang mampu mencerna tumbuhan. Dengan begitu, manusia pun tetap bisa memenuhi kebutuhan gizinya sehari-hari.  


Seiring berjalannya waktu, semakin banyak perubahan dan penyesuaian genetika yang dialami manusia modern. Misalnya, kebanyakan orang pada zaman sekarang sudah mampu mencerna susu dan produk turunannya.


Padahal di masa lalu, kebanyakan masyarakat di Asia bagian selatan dan tenggara tidak bisa mencerna protein khusus yang terkandung dalam susu. Kondisi ini lebih dikenal dengan istilah intoleransi laktosa. Ini karena susu bukanlah bahan pangan sehari-hari masyarakat Asia sehingga gen mereka memang tidak dirancang untuk mencerna susu. Gen mereka justru lebih cocok untuk mencerna makanan laut.  


makan bersama keluarga


Genetika dan pola diet sehat masyarakat modern


Tak bisa dipungkiri, genetika berperan penting bagi sistem kerja tubuh Anda. Termasuk cara tubuh Anda mengolah nutrisi. Oleh karenanya, para ahli gizi dan genetika modern mencoba merancang pola diet sehat yang disesuaikan dengan gen masing-masing pribadi. Ilmu yang mempelajari hubungan antara nutrisi dan genetika disebut nutrigenomik.


Dengan pola diet sehat yang dirancang sesuai dengan susunan gen Anda, tubuh pun dapat bekerja lebih optimal dalam menyerap nutrisi sekaligus menangkal penyakit.  


Pola diet sehat seperti apa yang cocok buat saya?


Saat ini Anda sudah bisa melakukan tes DNA (genetic testing) untuk mengetahui profil DNA tubuh Anda. Dari situ, para pakar nutrigenomik akan menganalisis pola makan seperti apa yang harus Anda jalani.


Misalnya kalau ternyata tubuh Anda ternyata tidak bisa mencerna zat besi secara maksimal. Ahli nutrigenomik pun akan menganjurkan pola makan khusus yang ditujukan untuk mengoptimalkan asupan zat besi Anda sehari-hari.


Sayangnya, tes DNA untuk menentukan pola diet sehat ini belum banyak tersedia. Di Amerika Serikat saja tes ini masih memakan biaya tinggi, mulai dari lima juta hingga miliaran rupiah.


Namun, para ahli masih terus mengembangkan teknologi tes DNA ini supaya lebih mudah diakses dan makin terjangkau. Dengan begitu, masyarakat luas nantinya bisa memanfaatkan teknologi ini untuk menentukan pola diet sehatnya masing-masing.


Sementara itu, kalau sekarang Anda ingin menentukan pola diet terbaik bagi kesehatan, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli gizi. Ahli gizi akan menganjurkan pola diet berdasarkan gaya hidup dan kondisi kesehatan Anda.  


Baca Juga:



Source link


قالب وردپرس


Pola Diet Sehat Bagi Tiap Orang Berbeda-beda Tergantung Gen
4/ 5
Oleh