Thursday, August 10, 2017

11 Mitos yang Salah Tentang Makanan untuk Penderita Diabetes • Hello Sehat



Diabetes memang merupakan kondisi yang sulit untuk dikontrol. Namun, hal ini sebenarnya dapat menjadi lebih mudah saat Anda sudah mengetahui informasi-informasi tentang nutrisi yang tepat untuk penderita diabetes. Sayangnya, banyak sekali mitos-mitos tentang pantangan makanan yang dipercayai harus diikuti oleh penderita diabetes.


Berikut adalah mitos-mitos yang salah tentang makanan untuk penderita diabetes.



  1.   Makan banyak gula, maka pasti kena diabetes


Menurut American Diabetes Association (ADA), makan gula banyak-banyak bukan berarti serta merta itulah penyebab tunggal diabetes. Namun betul, makan banyak gula merupakan salah satu faktor penyebab diabetes. Contohnya, diabetes tipe 2 biasanya disebabkan oleh gaya hidup, seperti kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, berumur diatas 45 tahun, dan lain sebagainya.



  1.   Kalau sudah menderita diabetes, artinya pantang mengonsumsi karbohidrat


Perlu dicatat bahwa karbohidrat bukanlah musuh bagi penderita diabetes. Namun, tipe dan jumlah karbohidrat lah yang perlu Anda perhatikan. Contohnya, karbohidrat dengan indeks glisemik (GI) atau muatan glisemik (GL) yang rendah merupakan pilihan karbohidrat yang lebih tepat bagi penderita diabetes. Setelah memilih karbohidrat yang tepat, jumlah porsi karbohidrat juga jangan lupa diperhatikan. Kalau Anda mengukur porsi makanan Anda berdasarkan bagian piring, maka jumlah karbohidrat yang dianjurkan ialah tidak lebih dari seperempat bagian piring.



  1.  Makanan yang mengandung gluten tidak boleh dimakan


Makanan yang mengandung gluten terdiri dari karbohidrat, yang dimana seperti yang dijelaskan di atas, sah saja untuk dimakan oleh penderita diabetes selama pengukuran dan jenis yang dipilih tepat.



  1.  Selamat tinggal untuk makanan penutup


Kata siapa penderita diabetes tidak boleh makan makanan penutup – yang notabene pasti manis-manis? Silahkan makan kue atau cookies meskipun Anda penderita diabetes. Malahan menurut National Institutes of Health, membatasi makanan Anda terlalu keras malah bisa menyebabkan Anda terkena binge eating. Namun, tetap ingat untuk menjaga karbohidrat di menu makanan Anda yang lain untuk menyeimbangi.



  1.  Tidak boleh minum wine


Asalkan tidak minum banyak-banyak dan diabetes Anda terkontrol dengan baik, minum wine itu boleh, kok. Batasnya, menurut Dietary Guidelines for Americans, perempuan maksimal minum 1 gelas minuman beralkohol per harinya dan maksimal 2 gelas untuk pria. Anda juga dianjurkan untuk mengontrol kadar gula darah Anda 24 jam setelah meminum minuman beralkohol.



  1.  Buah-buahan itu jelek untuk penderita diabetes


Tidak ada buah yang dilarang untuk dimakan oleh penderita diabetes. Memang betul, ada beberapa buah yang mengandung gula lebih tinggi. Namun, seperti yang sudah disebutkan, selama porsinya tidak berlebihan dan seimbang, silahkan sertakan buah di dalam menu makanan Anda.



  1.  Produk sugar-free adalah yang paling sehat


Perlu dicatat bahwa meskipun produk tersebut bebas gula, produk tersebut juga mungkin mengandung karbohidrat, lemak, dan kalori yang tinggi. Oleh karena itu, tetap harus di cek label nutrisi dalam produk tersebut, terutama total jumlah karbohidratnya.



  1.  Setelah minum obat, maka makanan apa saja bebas dimakan


Setelah minum obat diabetes, bukan berarti Anda langsung bisa bebas makan apa saja. Anda tetap harus menjaga pola makan Anda supaya diabetes yang Anda idap terkontrol.



  1.  Tidak masalah makan makanan berlemak


Menurut Amercan Heart Association, biasanya penderita diabetes tipe 2 memiliki kemungkinan lebih tinggi terkena serangan jantung dan stroke. Hal ini berhubungan biasanya karena penderita diabetes tipe 2 juga kelebihan berat badan. Selain itu, biasanya penderita diabetes tipe 2 juga punya tekanan darah tinggi dan kada kolestrol darah yang tidak baik. Oleh karena itulah, tidak dianjurkan bagi penderita diabetes untuk banyak mengonsumsi lemak. Karena dengan mengurangi lemak, hal ini berefek dengan turunnya kemungkinan Anda terkena masalah jantung.



  1. Suplemen herbal bisa membantu penderita diabetes


Banyak sekali pengobatan-pengobatan alternatif yang mengklaim dapat mengatasi diabetes. Padahal, obat-obat herbal bukanlah jaminan Anda bisa sembuh dari diabetes dalam waktu beberapa minggu. Oleh karena itu, lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter mengenai obat-obatan apa yang tepat untuk mengatasi diabetes yang Anda idap.


Kuncinya adalah menu makanan yang sehat dan seimbang


Ternyata tidak terlalu sulit dan keras, bukan? Menderita diabetes bukan berarti Anda tidak boleh makan makanan yang enak-enak. Boleh saja, asalkan sehat dan seimbang.


Salah satu contoh snack yang dapat membantu Anda menyeimbangi asupan nutrisi untuk Anda penderita diabetes adalah SOYJOY. Dengan mengonsumsi SOYJOY 2 jam sebelum makan besar, maka asupan karbohidrat berlebih Anda akan berkurang. Selain itu, SOYJOY yang terbuat dari kedelai yang kaya akan serat dan protein sehingga mudah dicerna dan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Lebih menariknya lagi, SOYJOY memiliki kandungan glisemik indeks yang rendah, yang artinya memenuhi kriteria nutrisi bagi penderita diabetes.


Baca Juga:



Source link


قالب وردپرس


11 Mitos yang Salah Tentang Makanan untuk Penderita Diabetes • Hello Sehat
4/ 5
Oleh