Thursday, August 10, 2017

4 Cara Istri Mendukung Suami yang Sakit Hepatitis • Hello Sehat



Hidup dengan hepatitis bisa menjadi tantangan bagi siapapun, tak terkecuali suami Anda. Ia bisa menderita karena penyakit itu sendiri, pengobatan, dan efek samping serta perasaan takut dan cemas. Dengan adanya dukungan istri, maka suami akan merasa sangat terbantu dan cenderung lebih mampu mengatasi stres. Begini caranya membantu suami yang sakit hepatitis.


Apa itu hepatitis?


Hepatitis adalah infeksi peradangan hati. Penyebabnya bisa dari obat-obatan, penyalahgunaan alkohol, kondisi medis tertentu, atau virus hepatitis. Namun, kebanyakan kasus hepatitis yang ada disebabkan oleh virus. Bentuk yang paling umum adalah hepatitis A, B, dan C. Jika tidak ditangani, hepatitis dapat berkembang menjadi fibrosis (parutan), sirosis atau kanker hati.


Pasien hepatitis mungkin tidak menyadari penyakit mereka selama beberapa minggu pertama sejak terinfeksi karena hepatitis tidak menimbulkan gejala. Masa ini didefinisikan sebagai fase akut. Namun, saat penyakit ini berkembang, pasien bisa mengalami kelelahan, mual, nafsu makan buruk, nyeri perut, demam ringan, atau menguningnya kulit atau mata (jaundice) dalam hepatitis tipe A, B, dan C. Begitu hepatitis B dan C berkembang kronis, pasien bisa tidak mengetahui bahwa mereka menderita penyakit ini karena tidak adanya gejala selama bertahun-tahun. Sayangnya, saat tubuh pasien akhirnya menunjukkan tanda-tanda penyakit ini, hati mereka kemungkinan sudah mengalami kerusakan.


Cara istri mendukung suami yang sakit hepatitis


1. Berpikiran terbuka dan suportif


Akan menyakitkan bagi suami Anda jika Anda mencoba memberikan pendapat atau menilai penyakit dan perasaannya. Jika suami Anda ingin berbagi mengenai pengalamannya, Anda harus menghormati pilihannya dan mendengarkannya, serta refleksikan diri Anda padanya sebisa mungkin. Beri tahu suami bahwa Anda selalu bersedia untuk mendengarkan apa yang ingin ia utarakan. Selain itu, Anda harus memberi dukungan emosional kepada suami. Anda bisa membantu cukup dengan mengatakan bahwa Anda mengerti, bahwa Anda akan selalu Anda untuknya, dan kemudian tanyakan padanya apa yang bisa Anda lakukan untuk membantunya. Ini cukup membantu saat suami Anda membutuhkan dukungan.


2. Pelajari tentang hepatitis


Hepatitis merupakan penyakit yang kompleks. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki pengetahuan dasar mengenainya jika Anda ingin mendukung suami Anda yang sedang sakit hepatitis. Jika Anda tidak belajar tentang penyakit ini, memahami perawatan dan pengobatan suami bisa terasa sulit bagi Anda. Selain itu, Anda akan tidak siap untuk memberi saran atau mendiskusikan keputusan kesehatan terbaik dengan suami. Anda harus membekali diri dengan pengetahuan tentang bagaimana hepatitis bisa terjadi, apa penyebabnya, bagaimana cara mengobatinya, … apapun yang Anda pikir penting untuk mendukung suami.


3. Bantu mencari dukungan emosional


Jika suami Anda tidak bisa mengendalikan emosinya, Anda bisa mempertimbangkan kelompok dukungan bagi penderita hepatitis, baik secara online ataupun tatap muka. Jika suami Anda terlalu cemas atau depresi untuk melakukan aktivitas sehari-hari, Anda harus membawanya ke perawatan kesehatan mental dan menemui terapis atau dokter.


4. Perhatikan gaya hidupnya


Mendukung suami berarti Anda juga harus memerhatikan kebiasaan dan gaya hidupnya. Anda harus mencegahnya minum alkohol dan menjadi kelebihan berat badan, yang bisa memperparah penyakit hati. Anda harus membuat rencana untuk membantunya menjalani hidup sehat. Contohnya, Anda bisa menyarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga bersama untuk mendukung suami Anda.


Mendukung seseorang yang menderita penyakit parah tidak pernah mudah, terutama jika orang tersebut adalah suami Anda yang sakit hepatitis. Penyakitnya tidak hanya memberi tekanan pada dirinya tetapi juga diri Anda sebagai pendukung. Jika Anda merasa bahwa Anda tidak bisa mendukung suami Anda yang merupakan penderita hepatitis, mintalah bantuan dari dokter suami Anda.


Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.


Baca Juga:



Source link


قالب وردپرس


4 Cara Istri Mendukung Suami yang Sakit Hepatitis • Hello Sehat
4/ 5
Oleh