Thursday, August 10, 2017

4 Manfaat Kulit Buah Delima untuk Kesehatan • Hello Sehat



Buah delima terlihat menarik karena warna merahnya yang cantik. Tidak hanya warnanya saja yang cantik, buah yang memiliki nama keren pomegranate ini memiliki banyak manfaat. Tidak tanggung-tanggung, kulit buah delima juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dari mencegah penyakit jantung sampai mengurangi risiko kanker. Benar-benar buah super!


Apa saja manfaat kulit buah delima untuk kesehatan Anda?


Kulit buah delima mengandung vitamin A, E, K, C, dan kaya akan antioksidan, buah delima memberikan manfaat yang begitu menggoda. Ternyata, bukan hanya dagingnya yang berwarna merah itu yang bisa dimanfaatkan. Kulitnya pun memiliki manfaat untuk kesehatan.


Lain kali, jika Anda sudah mengupas buah delima, jangan langsung buang kulitnya. Simpan untuk nantinya dikeringkan dan dijadikan bubuk yang tidak kalah berguna dibanding buahnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat kulit buah delima yang bisa membuat Anda semakin tertarik.


1. Mencegah penyakit jantung


Jika Anda atau kerabat memiliki masalah dengan jantung koroner iskemik, cobalah untuk mengonsumsi kulit buah delima. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi setidaknya bubuk kulit delima setiap hari selama 90 hari, dapat menurunkan gejala iskemia (otot jantung kekurangan nutrisi untuk berkontraksi karena penyempitan pembuluh darah jantung) selama proses pengujian jantung terhadap beban kerja. Hal ini terjadi karena dengan kulit delima, aliran darah ke jantung menjadi lebih baik. Bahkan, kulit delima juga dipercaya dapat mencegah munculnya penyakit jantung.


2. Memperlambat perkembangan kanker prostat


Selain dipercaya dapat mencegah munculnya penyakit jantung, ternyata kulit delima juga dipercaya dapat menurunkan risiko tumbuhnya kanker prostat. Kenapa? Karena kulit buah delima memiliki antioksidan yang tidak hanya dapat melawan radikal bebas, tapi juga dipercaya dapat memperbaiki dan mencegah adanya kerusakan DNA yang dapat menyebabkan munculnya kanker. Kulit delima dipercaya dapat meningkatkan jumlah sel kanker yang mati dan menekan pertumbuhan sel kanker.


3. Mengurangi kolesterol jahat


Tidak hanya dipercaya dapat menurunkan risiko pada kanker prostat, kandungan antioksidan di kulit delima ternyata juga dapat menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Karena kulit buah delima memiliki efek anti-aterogenik atau menghentikan penumpukan plak di dinding pembuluh darah. Tidak hanya itu, kulit delima juga dapat membantu Anda dalam mengurangi plak tersebut.


4. Mengurangi risiko osteoporosis


Menurut studi yang dilakukan pada tikus, kulit buah delima memberikan manfaat lebih dalam mencegah osteoporosis dan memperkuat tulang. Meski struktur biologis tikus dan manusia mirip, manfaat kulit buah delima ini belum bisa dipastikan melalui uji laboratorium apakah memiliki hasil yang sama pada manusia.


Bagaimana, sudah jatuh cinta dengan manfaat kulit buah delima? Meski masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tentu tidak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan sehat untuk pola makan yang seimbang dan rasakan manfaat yang diberikannya.


Baca Juga:



Source link


قالب وردپرس


4 Manfaat Kulit Buah Delima untuk Kesehatan • Hello Sehat
4/ 5
Oleh