Tuesday, August 8, 2017

Bercak Kuning di Kelopak Mata Bisa Jadi Tanda Kolesterol Tinggi



Jika Anda melihat bercak atau plak kuning pada sekitar kelopak mata, itulah yang dinamakan xanthelasma. Bercak atau plak berwarna kekuningan ini terdiri dari lemak dan kolesterol yang ditemukan di bawah kulit. Kondisi ini tidak menimbulkan rasa sakit, namun dapat mengganggu penampilan Anda. Selain itu, xanthelasma bisa menjadi tanda kolesterol tinggi, yang artinya berisiko terkena penyakit jantung, sehingga kondisi kulit ini tidak boleh diabaikan.


Siapa saja yang bisa mendapatkan xanthelasma di kelopak matanya?


Orang yang memiliki xanthelasma biasanya memiliki kadar kolesterol atau lemak dalam darah yang tinggi, namun orang yang memiliki kadar kolesterol normal juga dapat memiliki xanthelasma. Xanthelasma sering ditemukan pada orang berusia di atas 40 tahun dan perempuan dua kali lebih sering dibandingkan laki-laki.


Apa penyebab bercak kuning di kelopak mata ini?


Seringnya, xanthelasma adalah tanda kolesterol tinggi dalam darah Anda. Anda berisiko mengalami kondisi ini apabila Anda memiliki:



  • LDL (kolesterol “jahat”) yang tinggi atau HDL (kolesterol “baik”) yang rendah

  • Riwayat keluarga memiliki kolesterol tinggi (familial hypercholesterolemia)

  • Penyakit hati seperti sirosis bilier primer, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol


Walaupun xanthelasma biasanya disebabkan oleh peningkatan kadar lemak dalam darah, atau oleh gangguan metabolisme seperti diabetes, penyebab pasti xanthelasma tidak jelas karena sering kali kondisi ini juga muncul pada orang dengan kadar kolesterol yang normal.


Apa saja ciri-ciri xanthelasma?


Xanthelasma biasanya terletak di sisi dalam kelopak mata bagian atas (dekat dengan pangkal hidung) berbentuk plak dan berwarna kekuningan. Biasanya tidak menyebabkan gejala seperti tidak nyaman atau nyeri, sehingga biasanya mereka ke dokter karena masalah penampilan.


Bagaimana cara mengatasi xanthelasma?


Xanthelasma tidak akan hilang dengan sendirinya, plak kuning ini akan tetap memiliki ukuran yang sama atau semakin membesar seiring berjalannya waktu. Metode-metode yang dapat dilakukan dokter dalam menghilangkan xanthelasma, antara lain:



  • Pemberian obat untuk menguraikan pertumbuhan xanthelasma

  • Cryosurgery, yaitu dengan membekukan plak tersebut

  • Laser

  • Operasi

  • Electrodesiccation, yaitu dengan menggunakan jarum listrik


Efek samping yang dapat muncul setelah tindakan:



  • Bekas luka

  • Perubahan warna kulit

  • Plak dapat muncul kembali jika Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi


Selain bisa jadi tanda kolesterol tinggi, apa lagi kondisi yang memunculkan xanthelasma?


Xanthelasma dapat merupakan tanda peringatan dini bahwa kolesterol mulai terbentuk dalam pembuluh darah Anda. Seiring dengan waktu, dapat membentuk plak pada pembuluh darah dan dapat menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, atau stroke.


Pertumbuhan plak tersebut juga terkait dengan risiko penyakit jantung lain, seperti:


Oleh karena itu, jika Anda memiliki xanthelasma, Anda juga perlu memeriksakan kadar kolesterol, gula darah, tekanan darah, dan risiko penyakit jantung lainnya. Deteksi dini dapat memberikan penanganan dini yang optimal sehingga mencegah penyakit yang lebih serius.


Baca Juga:



Source link


قالب وردپرس


Bercak Kuning di Kelopak Mata Bisa Jadi Tanda Kolesterol Tinggi
4/ 5
Oleh