Thursday, August 10, 2017

Bikin Sakit Saat Tumbuh, Sebenarnya Apa Sih Fungsi Gigi Bungsu? • Hello Sehat



Ketika Anda sudah dewasa dan tidak muda lagi, namun tiba-tiba mengalami pertumbuhan gigi yang menyakitkan, itu berarti gigi bungsu Anda mulai tumbuh.  Gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga yang muncul di usia antara 17-25 tahun. Sebenarnya, apa fungsi gigi bungsu? Bukankah sebelum gigi bungsu ini tumbuh, Anda tetap bisa mengunyah makanan dengan baik? Cari tahu mengenai fungsi gigi bungsu Anda di artikel ini.


Sebenarnya, apa fungsi gigi bungsu?


Munculnya gigi bungsu ini memainkan peranan penting dalam membentuk keselarasan gusi. Kebanyakan orang dewasa memiliki empat gigi bungsu. Selain untuk menyelaraskan bentuk gusi, fungsi gigi bungsu diperlukan untuk mengunyah makanan dan mencegah keausan gigi lainnya. Gigi bungsu mampu mengunyah makanan sehingga lebih lembut.


Salah satu hal yang kurang disukai dari munculnya gigi bungsu adalah rasa sakit yang menyertai tumbuhnya gigi ini. Hal ini disebabkan karena selama bertahun-tahun sejak terakhir tumbuh, gusi manusia mengalami perubahan bentuk sementara tumbuhnya gigi bungsu akan menggeser letak gigi lain sehingga menimbulkan rasa sakit dan bengkak.


Gigi bungsu rentan terhadap infeksi, radang, masalah gusi, dan cedera lainnya. Sebab letak gigi bungsu sulit untuk dijangkau dan dibutuhkan perawatan ekstra untuk membersihkannya. Jika gigi bungsu sudah mengalami komplikasi kesehatan, ada baiknya Anda harus menemui dokter gigi. Tentunya melalui perawatan medis yang aman. Oleh karena itu agar hal tersebut tak terjadi, membersihkan dan flossing gigi bungsu merupakan sebuah keharusan.


Gigi bungsu harus dibiarkan atau dicabut?


Fungsi gigi bungsu sebetulnya sama dengan gigi geraham lain. Hanya saja, karena tumbuhnya yang paling lambat dan terakhir, maka ia hanya membantu fungsi geraham pertama dan kedua. Contohnya ketika geraham pertama atau kedua rusak, tanggal, atau tidak bisa lagi berfungsi sempurna.


Lalu, mengingat sebenarnya tidak dibutuhkan, sebaiknya gigi bungsu dibiarkan atau dicabut ? Sebenarnya, tumbuhnya gigi bungsu merupakan sesuatu yang normal selama tidak muncul keluhan. Ada yang merasa sakit di bagian rahang, sakit gigi, atau sering sakit kepala.


Hal ini biasanya karena gigi bungsu menekan saraf. Pada beberapa kasus, begitu gigi bungsu dicabut, sakit kepala akan berhenti. Timbulnya pun berbeda-beda. Pada beberapa orang, gigi bungsu malah keluar di usia-usia 30 tahunan tanpa keluhan berarti.


Bagi siapapun yang mulai merasa gigi bungsunya tumbuh, disarankan agar segera ke dokter gigi. Dokter akan melakukan foto X-Ray untuk melihat apakah gigi bungsu tumbuh dengan baik atau tidak. Selain itu, jika sudah mulai ada tanda-tanda gusi bengkak, sakit, dan terasa ada yang mengganjal di bagian belakang, lebih baik segera mencari tahu penyebabnya ke dokter gigi.


Dokter akan memutuskan, apakah gigi bungsu sebaiknya dibiarkan atau dicabut. Namun yang biasanya dilakukan adalah tindakan mengangkat gigi bungsu, atau cukup dengan operkolektomi (operasi kecil membuka gusi dengan sayatan). Jika rahang Anda cukup, posisinya baik-baik saja, biasanya cukup dilakukan operkolektomi.


Baca Juga:



Source link


قالب وردپرس


Bikin Sakit Saat Tumbuh, Sebenarnya Apa Sih Fungsi Gigi Bungsu? • Hello Sehat
4/ 5
Oleh