Thursday, August 10, 2017

Terapi Musik untuk Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)



Terapi untuk anak yang menderita ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) ternyata tidak hanya dengan obat-obatan dan konseling. Salah satu yang dapat dicoba untuk terapi anak yang menderita ADHD adalah terapi musik.


Menurut psikolog bernama Doris Jeanette, musik dapat membuat anak menjadi tenang dan lebih fokus terhadap apa yang sedang dilakukan. Selain itu, musik dapat mengurangi rasa cemas yang biasanya dialami oleh anak yang menderita ADHD.


Bagaimana proses terapi musik pada anak ADHD?


Terapi musik dapat dilakukan secara personal (satu per satu) ataupun dalam kelompok kecil. Anak bersama dengan terapisnya mendengarkan musik, memainkan alat musik atau bernyanyi bersama.


“Musik merupakan hal yang sangat baik bagi seorang anak dalam mengekspresikan dirinya,” kata Michelle Chesnut, seorang terapis musik. Bernyanyi dan membuat lagu merupakan kegiatan yang sangat baik untuk mengekspresikan diri seorang anak dan apabila dilakukan dalam kelompok, dapat meningkatkan rasa percaya diri. Mendengarkan musik menjadi kegiatan yang dapat membuat tubuh lebih rileks dan tenang.


Beberapa penelitian menunjukan bahwa gerakan ritmik dapat meningkatkan konsentrasi, kontrol motorik, dan kemampuan akademis anak ADHD. Melalui sesi yang dijalankan selama 3 hingga 5 minggu, anak diterapi dengan memakai headphone dan diajak untuk melakukan gerakan ritmik sesuai irama yang didengar. Para peneliti mengatakan bahwa terdapat peningkatan konsentrasi, proses berbahasa, kebiasaan, dan kontrol motorik setelah anak diterapi.


Anak tidak harus memiliki bakat musik, kok


Bagaimana kalau anak saya tidak memiliki bakat musik? Apakah tetap bisa diterapi dengan musik?


Tenang saja. Anak anda tetap bisa menjalani terapi ini, kok. Salah satu nilai lebih dari terapi musik ini yaitu anak tidak harus memiliki bakat dalam dunia musik. Semua anak tetap bisa menjalani terapi musik ini. Terkadang anak dengan ADHD adalah anak yang cukup kreatif sehingga melalui terapi musik ini justru mereka dapat mengeluarkan bakat terpendam mereka dalam dunia musik.


Buat musikmu sendiri!


Anda bisa melakukan terapi musik bagi anak Anda sendiri di rumah seperti mendengarkan musik bersama, memainkan alat musik bersama, dan bernyanyi bersama. 30 menit sebelum anak Anda tidur, putarkan musik dengan irama yang lambat. Hal tersebut dapat membuat anak lebih rileks dan cepat tertidur.


Tanyakan kepada anak Anda tentang musik yang ia sukai dan alasannya. Dengarkan apa yang anak Anda katakan dan hargai pendapatnya. Pastikan Anda memiliki musik tersebut dan dengarkanlah bersama dengan anak Anda. Hal tersebut menjadi salah satu cara untuk memiliki hubungan yang dekat dengan anak Anda.


Terapi musik untuk anak ADHD menjadi salah satu pilihan menarik yang dapat dicoba. Melalui terapi musik, anak mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan ternyata banyak anak ADHD dapat mencapai tujuan terapi mereka tanpa merasa bahwa sebenarnya mereka sedang menjalani terapi. Jika anak Anda mendapatkan keuntungan dari terapi ini, bicarakan kepada guru dan terapis mereka untuk menambahkan musik dalam kegiatan mereka.


Baca Juga:



Source link


قالب وردپرس


Terapi Musik untuk Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)
4/ 5
Oleh